Indonesia Tahun 2030

Ada Apa Dengan Indonesia Di Tahun 2030?

Indonesia Tahun 2030

Ada Apa Dengan Indonesia Di Tahun 2030?

Fakta & Analisa Indonesia Di Tahun 2030


Ini Negeri Besar Dan Akan Lebih Besar Lagi

 

Inilah Alasan Kenapa Indonesia Akan Maju dan Kuat di Tahun 2030

Indonesia di masa yang akan datang akan menjadi negara yang maju dan berdikari. Optimisme bahwa kekuatan ekonomi dunia akan bergeser dari Barat ke Timur di dua dekade mendatang sudah kian merebak. Bahkan, Asia kini telah menjelma sebagai pusat perhatian utama dunia untuk kawasan tujuan investasi. Pemicunya adalah saat ini telah terjadi peningkatan besar-besaran di negara berkembang, terutama perdagangan di pasar negara berkembang, industrialisasi yang kian pesat, suplai tenaga kerja yang murah, urbanisasi dan meningkatnya masyarakat kelas menengah, serta pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Indonesia sendiri diprediksi akan mampu menjadi negara yang maju dan sejahtera. Indonesia kedepan akan menjadi bangsa yang mandiri, produktif, memiliki daya saing, serta mampu mengelola seluruh kekayaan alam dan sumber daya lainnya demi tercapainya pertumbuhan ekonomi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Kenapa bisa begitu?

 

01. Ekonomi Indonesia Berkembang Pesat

Dalam laporan khusus Stanchart berjudul "The Super-Cycle Report", Indonesia mulai menjadi negara bersinar yang semula menempati peringkat ke-28 pada tahun 2000, bakal menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia dalam dua dekade mendatang. Berada di posisi kelima, Indonesia akan tampil mendampingi China, Amerika Serikat, India dan Brazil.

Lembaga keuangan terkemuka, Morgan Stanley memperkirakan PDB Indonesia bakal mencapai US$800 miliar. Tingkat ekonomi Indonesia sendiri dinilai paling stabil di dunia. Bahkan, Bank Indonesia sudah menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia paling stabil dalam 4-5 tahun terakhir. Di tahun 2030 nantinya, sekitar 90 persen pertumbuhan ekonomi nasional bakal berasal dari wilayah di luar Jawa. Jadi, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan lebih merata dan lebih maju.

02. Penduduknya Berusia Produktif

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2030 mendatang bisa sebanyak 345 juta jiwa atau bahkan lebih. Saat ini tingkat kelahiran bayi di Indonesia masih tinggi. Di tahun 2030 nanti Indonesia bakal dihuni banyak manusia yang berada di usia produktif dibandingkan dengan negara-negara maju yang saat ini tingkat kelahirannya rendah.

Namun hal ini bisa menjadi pisau bermata dua, jika di 2030 pemuda-pemuda ini terdidik dengan baik dan benar tentunya negara kita akan memiliki banyak sekali peluang untuk bisa maju. Begitu juga sebaliknya

03. Infrastruktur Yang Matang

Sekretaris Umum Komite Ekonomi Nasional (KEN) menilai kunci dari pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di suatu negara adalah belanja infrastruktur lebih diprioritaskan oleh pemerintah daripada belanja yang lain. Saat ini Indonesia menduduki posisi keempat sebagai negara pasar industri konstruksi terbesar di Asia.

Di masa pemerintahan Presiden Jokowi saat ini sudah sangat gencar melakukan pembangunan infrastruktur transportasi seperti pelabuhan laut, rel kereta, jaringan jalan hingga bandara. Pembangunan langsung digenjot di awal pemerintahan agar ada pemerataan infrastruktur transportasi. Pembangunan infrastruktur yang terus digenjot oleh pemerintahan Jokowi bahkan telah mulai terlihat dampak positifnya terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak positif pembangunan infrastruktur juga telah memberikan kenaikan signifikan terhadap sektor industri pengolahan. Bukan tidak mungkin di tahun 2030 proyek infrastruktur yang berkelanjutan akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan negara.

04. Teknologi Indonesia Bakal Sudah Maju

Untuk teknologi Indonesia saat ini memang ketinggalan 20 tahun dari negara maju yang ada di dunia. Akan tetapi menurut Kepala Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Menristek mengatakan bahwa sejauh ini negara-negara lain yang dapat dikategorikan sebagai negara maju, tengah memantau dari jauh setiap gerak-gerik Indonesia terkait dengan permasalahan pengembangan teknologi.

Negara maju tersebut terbilang sudah khawatir dengan perjuangan Indonesia untuk selalu membuat berbagai terobosan bari di bidang teknologi, negara-negara maju tersebut akan takut tersaingi, ditambah lagi dengan negara kita yang sedang berkembang pesat dari berbagai sektor. Pasalnya dalam setiap kompetisi soal teknologi yang diadakan di tingkat Internasional, banyak negara-negara yang merasa sedikit terganggu dengan terobosan teknologi yang berhasil diciptakan oleh Indonesia. Bisa dibayangkan teknologi Indonesia di tahun 2030 akan menjadi seperti apa jika didukung dengan pemerintahan yang arif dan bijaksana.

05. Militer Indonesia Makin Kuat dan Mandiri

Saat ini negara kita, Indonesia telah giat-giatnya mengembangkan produksi persenjataan serta beberapa alutsista. Selain untuk memperkuat pertahanan dan ketahanan nasional ternyata banyak senjata dan alusista buatan dalam negri yang sudah digunakan oleh pihak militer asing. Hal tersebut membuktikan bahwa kita sudah bisa membuat atau menghasilkan alusista yang canggih dan mampu bersaing dengan buatan negara lainnya di masa yang akan datang.

Saat ini teknologi militer Indonesia memang bisa dibilang ketinggalan 30-40 tahun dari negara maju yang ada di dunia. Indonesia masih merupakan salah satu negara peng-impor alutsista negara lain. Kebanyakan peralatan militer Indonesia masih didatangkan dari negara lain. Seperti Amerika, China dan Korea dll. Pesawat tempur, Tank, Kapal laut, kapal selam masih banyak yang di impor. Tetapi sebenarnya tidak semua alutsista kita diimpor dari negara lain loh. Dengan program pemerintah yang lebih memberdayakan industri dalam negeri, pelan-pelan kini anak bangsa sudah mulai bisa menunjukkan hasil karyanya.

06. Optimisme Rakyatnya Tinggi

Berdasarkan laporan lembaga riset YouGov, Indonesia dinobatkan sebagai negara teroptimistis kedua di dunia setelah Tiongkok. Sebanyak 23 persen masyarakat Indonesia menganggap dunia sedang menuju ke arah yang lebih baik.

Kalau saja setiap individu mau bergerak dan merubah segalanya untuk menjadi lebih baik lagi, kemungkinan Indonesia untuk maju di tahun 2030 tidak lagi menjadi isapan jempol belaka.

07. Kemiskinan Terus Menurun

Aspek dasar yang dapat dijadikan acuan keberhasilan pembangunan suatu negara adalah teratasinya masalah kemiskinan. Saat ini, Pemerintah indonesia terus berusaha memberdayakan dan membina masyarakat miskin untuk dapat mengelola sumber-sumber Ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat.

Dilihat dari track recordnya, tren kemiskinan di Indonesia pun terus mengalami penurunan. Upaya Indonesia untuk mengurangi kemiskinan dirasa sudah sejalan dengan program Millenium Development Goals (MDG's), yakni mengurangi angka kemiskinan penduduk dunia hingga 50 persen ditahun yang sudah ditentukan. Jika Indonesia bisa konsisten dan optimisis dalam hal ini, maka kemiskinan di negeri ini bisa sangat ditekan pada 2030 mendatang.

08. Pendapatan Perkapita Masyarakat Semakin Tinggi

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bappenas, memperkirakan Indonesia berpeluang meningkatkan pendapatan perkapita pada 2030 di angka 16.618 US Dollar asalkan syarat pertumbuhan ekonominya terpenuhi.

Bappenas menilai Indonesia memiliki kesempatan untuk mencapai pendapatan perkapita di kisaran 16.618 US Dollar pada 2030 mendatang, apabila pertumbuhan ekonomi tiap tahun mencapai 10%.

09. Indonesia Akan Jadi Nomor 5 Dunia

Indonesia dipredisksi bakalan menjadi salah satu kuda hitam yang akan menempati posisi kelima dunia pada 2030. Indonesia bukan hanya menggeser Rusia, melainkan juga menggeser Jepang yang kini merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga dunia. Pada saat itu, Indonesia akan memiliki PDB sebesar US$9,3 triliun.

Saat ini, Indonesia merupakan negara yang memiliki peran penting di ASEAN. Dari 565 juta populasi ASEAN, Indonesia mencakup 40 persennya. Dari total PDB, 50 persennya juga dikuasai Indonesia. Indonesia tengah berupaya menggenjot infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rata-rata 7 persen per tahun yang mana akan menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju dan berdikari.

SEKRETARIAT GERAKAN INDONESIA 2030

SEJUTA INDONESIA DI JANTUNG DUNIA

 

Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia
Euro Management Indonesia

Gedung Ir. H. M. Suseno
Jalan RP Suroso No.6
Menteng, Jakarta 10330,
Indonesia

Hubungi Kami

Phone   : (+62 21) 398 38706 / (+62 21) 314 0379
Fax        : (+62 21) 316 1701
Hotline  : 087870954359 / 085695170277 /  08119989155
Email     : beasiswa@ypei.or.id

Download Freewww.bigtheme.net/joomla Joomla Templates Responsive